Berkumpul & Bersukacita

Beberapa waktu yang lalu, SMP kelas VII IPEKA International Christian School (IICS) – Jakarta baru saja kembali dari retret yang diadakan di D’Agape Retreat House di Gadog, Bogor – Jawa Barat.

Retret ini pun menjadi momen bagi siswa-siswi untuk sejenak menjauh dari segala hiruk pikuk ataupun tugas-tugas mereka di sekolah. Mereka jadi memiliki banyak waktu untuk lebih memusatkan diri pada hubungan-hubungan inti mereka, yaitu dengan Tuhan, sesama, dan dengan diri mereka sendiri.

Mereka juga berkesempatan untuk mengalami kebersamaan sembari mengetahui apa artinya untuk hidup kudus sesuai dengan kehendak Tuhan. Kegiatan kelompok merupakan aktivitas yang umum di retret ini, seperti membenani kamar retret masing-masing sebelum menghadiri setiap sesi acara. Salah satu tujuan retret ini adalah supaya siswa-siswi menyadari betul bahwa apa pun yang mereka lakukan atau kerjakan akan mempengaruhi yang lainnya.

Siswa-siswi didampingi oleh Ibu Joshie K. Tan (Wakil Kepala Sekolah SMP) beserta sejumlah guru seperti Ibu Liza, Bp. Julius, dan Bp. Rene dan lain-lain saat menghadiri sejumlah ceramah oleh Ps. Mark Andreson dan Ibu Ev. Grace.

Banyak aktivitas di dalam retret yang berlangsung selama tiga hari ini yang menumbuhkan semangat kebersamaan, membangun rasa saling percaya serta keterbukaan, dan untuk merenungkan arti kehidupan ini. Tema utama pada retret ini adalah I In You: Let Me Know Who Am I Lord that I May Serve You Well yang terinspirasi dari Mazmur  139:14. Subtemanya sendiri adalah Knowing Oneself, Discovering God-Given Talents and Skills, and Knowing God’s Will for My Life.

Retret ini pun diadakan agar para siswa-siswi dapat merasa dikuatkan serta diubahkan: dari yang merasa tiada berarti, menjadi sangat berharga di mata-Nya; dari yang merasa bukan siapa-siapa, menjadi seseorang yang berguna sebagai anak-Nya; dari rasa penyesalan, menjadi ucapan syukur untuk apa pun yang Tuhan rancangkan; dari merasa tak berguna, menjadi yakin dipakai sebagai alat-Nya; serta agar mereka termotivasi untuk mengembangkan talenta mereka dan menggunakannya demi kemuliaan nama Tuhan.

Malamnya, kami semua mengikuti acara api unggun untuk bersantai dan sekadar menikmati kebersamaan kami masing-masing. Kami pun memulai acara malam api unggun itu dengan pujian dan penyembahan kepada Tuhan, kemudian acara permainan (games), serta menikmati camilan yang enak. S’mores adalah salah satu camilan favorit malam itu. Kemudian, ibadah gabungan diadakan pada malam api unggun kedua yang dipimpin oleh Mr. Glenn, Kepala Sekolah SMP IICS.

Secara keseluruhan, jadwal acara untuk retret ini penuh dengan pujian dan penyembahan sebelum setiap isi acara mulai, PCG (Pastoral Care Group) untuk saat teduh tiap pagi dipimpin oleh PCT (Pastoral Care Teachers), dan saat setiap harinya—saat siswa-siswi memiliki banyak waktu luang dan games untuk bersenang-senang.

Terima kasih kepada semua yang telah mendukung terlaksananya kegiatan retret kami ini sebagai momen untuk berkumpul dan bersukacita.

—oleh Victorio T. Marquita

(Galeri foto retret ini ada di sini pada menu Galeri Kegiatan)

Comments are closed.