Solidaritas Sosial SMA IICS

PictureJakarta mungkin terkenal dengan begitu banyaknya jumlah jalan tol, bahkan di setiap penjuru kotanya. Meskipun demikian, bahwa betapa pun megahnya kota ini terlihat, sebagian besar orang tak menyadari masih ada kekurangan di sana-sini.

Misalnya, di sejumlah jalan-jalan tol tersebut, terdapat sebuah lingkungan yang papa serta terpelosok dari kawasan asri Jakarta. Karena itu, pada kesempatan yang ada, OSIS SMA IPEKA Integrated Christian School (IICS) beserta beberapa guru mengunjungi salah satu tempat seperti itu, yaitu masyarakat yang tinggal di kolong jalan tol dekat mal Season City pada 2 Desember 2014.

Saat tiba di sana, kami sungguh terkejut melihat keadaannya. Maaf, tapi tempatnya amat berbau serta rumah-rumah di sana terbuat dari kayu dengan bagian bawah jalan tol sebagai atapnya.

Tentu tak ada lantai, hanya beralaskan kotoran-kotoran. Tiap kali apabila mobil melaju terlalu dekat dengan sisi jalan tol, debu-debu jalanannya akan lungsur bak salju. Akan tetapi, orang-orang di sana seolah tak ambil pusing terhadap semua itu.

Sekalipun situasinya teramat tak mendukung, kami menyempatkan diri untuk bermain bersama dengan anak-anak di sana serta membagikan sejumlah camilan.

Ada satu kejutan lagi yang kami dapatkan, yaitu kala kami memberikan beberapa pakaian dan obat. Apa kejutannya? Ya, karena masyarakat di sana tak punya banyak hal untuk dibanggakan, semua tampak antuasias berebutan obat-obat yang kami bagikan.

Padahal, kami hanyalah menyumbangkan obat-obat yang sekiranya membelinya di apotik, akan mudah serta murah. Barang-barang yang mungkin tak sebegitu berartinya bagi kami, namun bak permata berharga bagi mereka.

Alangkah menjadi pengalaman yang istimewa. Kami pun makin sadar bahwa masih ada orang-orang yang hidup di tengah keadaan serba-kekurangan, tapi masih sanggup bersyukur apa pun yang terjadi.

Adalah tugas kita, sebagai orang-orang yang mungkin memiliki lebih, yaitu mau memetik pelajaran dari mereka serta belajar mengucap syukur untuk apa pun yang kita punyai. Tuhan telah sangat memberkati kita, maka marilah kita pun bersyukur kepada-Nya untuk segala sesuatu yang telah Ia anugerahkan pada kita.

~oleh Tiana Singgih (kelas 12)

Comments are closed.