Berkunjung ke Dufan dan @America

  • Apa itu geotagging? 
  • Mana saja tempat-tempat terkenal yang ramah pelayanannya?
  • Bagaimana caranya supaya kita bijak dalam memakai media sosial?
  • Apa saja peralatan-peralatan yang menarik untuk fotografi?

Pertanyaan-pertanyaan di ataslah yang menjadi referensi bagi siswa-siswi SMA kelas 7 untuk mengikuti studi lapangan (field trip) tahunan yang diadakan pada 6 February 2014 yang lalu.

Tujuan pertama ada @America, sebuah pusat yang modern dan canggih untuk mempelajari segala sesuatunya tentang Amerika Serikat sekaligus menuangkan pendapat ataupun ide-ide terkait negara itu.

Berbagai fasilitas yang ada di @America adalah berkat bantuan atau inisiatif dari Departemen Luar Negeri AS. Pusat pembelajaran itu diperlengkapi dengan teknologi serbacanggih yang sanggup memberikan banyak pengalaman interaktif dengan teknologi terkini. Beberapa contoh teknologi tersebut yang dapat dipergunakan di sana adalah:

• Printer (mesin cetak) 3 dimensi
• Goggle map (peta elektronik dari mesin pencari Google) yang tersambung dengan 7 layar lebar dengan mouse (tetikus) 3 dimensi

Tujuan kedua dipenuhi petualangan seru, yaitu ke Dufan sebagai tempat siswa-siswi untuk menerapkan pelajaran atau teori-teori Fisika yang mereka  pelajari di kelas. Sejumlah wahana yang mesti dicoba oleh mereka adalah roller coaster agar mereka mengukur kecepatan wahana itu.

Lalu, Hysteria yang membuat mereka harus menganalisis pneumatik (tekanan udara) serta tenaga hidraulik. Kemudian, ada Wave Swinger serta Tornado sebagai ajang untuk menganalisis sistem rotasi dan revolusi.

Sungguh kegiatan dan pengalaman yang menyenangkan sekaligus mungkin menegangkan saat mesti mengalami secara langsung segala sesuatu yang telah dipelajari di kelas maupun melalui buku ke dalam kehidupan sehari-hari.

—oleh Diane Marie Patron

Comments are closed.