Sungguh Indah Dikau, Tuhan

Siswa-siswi SD IICS menikmati kegiatan studi lapangan ke Reformed Millenium Center Indonesia (RMCI), Kemayoran – Jakarta pada 13 – 14 Februari 2014 yang lalu.

Siswa-siswi sangat antusias dan saling mengobrol serta bernyanyi bersama di dalam bus saat perjalanan menuju tempat tujuan. Karena agak macet, rombongan tiba terlambat di RMCI. Dan ketika rombongan siswa-siswi IICS sampai di sana, sejumlah perwakilan dari RMCI menyambut serta telah mempersiapkan rangkaian kegiatan untuk diikuti selama di sana.

Kegiatan pertama adalah berkumpul di ruang yang bernama Hosannah untuk menerima penjelasan maupun peraturan yang harus dipatuhi kala berada di sana. Kemudian, ada sesi foto bersama di depan sebuah lukisan mahakarya yang cukup besar, berjudul The Last Supper (Perjamuan Akhir).

Setelah itu, siswa-siswi diajak ke Messiah Cathedral (Katedral Mesias) untuk dijelaskan tentang gereja serta museum di RMCI ini. Sang pemandu memberi tahu bahwa ketika para seniman membuat lukisan yang ada di sana, mereka seraya ingin melukiskan tentang mata Tuhan yang melihat apa pun yang dilakukan oleh setiap manusia bahkan hingga kedalaman hati dan tak ada yang sanggup disembunyikan dari-Nya. Kemudian, siswa-siswi dibagi menjadi beberapa grup sesuai dengan kelas mereka masing-masing untuk mengikuti tur museum.

Tur pertama, sejumlah grup mengunjungi museum yang di lantai 6. Siswa-siswi begitu berdecak kagum mendengarkan penjelasan tentang cerita di balik koleksi benda-benda antik di sana. Misalnya, tentang alat pendingin pertama di dunia dari salah satu dinasti negeri China. Mereka pun senang menyaksikan seni pahat yang terbuat dari tulang maupun melihat-lihat vas-vas yang terbuat dari tembikar atau porselen.

Kemudian, tur kedua, rombongan diajak ke museum yang di lantai 7 untuk mengamati sejumlah lukisan maupun jam-jam kuno. Juga, melihat-lihat barang-barang antik lainnya yang menarik seperti mandolin maupun harpa. Sungguh indah cerita-cerita yang menyertai di balik lukisan-lukisan yang ada, khususnya tentang seorang pelukis yang melukis di langit-langit yang akhirnya menerima Tuhan Yesus Kristus sebagai Juruselamatnya pribadi setelah melukis kehidupan Yesus. Nah, setelah siswa-siswi mengikuti tur keliling museum itu, mereka selanjutnya mengikuti kegiatan yang dipimpin oleh sejumlah staf RMCI.

Sesudah makan siang, rombongan dari IPEKA International Christian School berkesempatan untuk menyimak beberapa tayangan video tentang konser musik klasik yang digelar di Sophilia Art Fine Center. Ada penampilan permainan piano serta biola. Kemudian, paduan suara dari Sekolah Calvin menjadi penutup hujung kunjungan dan studi lapangan ke RMCI ini.

Siswa-siswi maupun guru pembimbing IICS merasa sangat diberkati melalui kunjungan ke RMCI ini setelah menyaksikan semua hal maupun benda-benda yang indah, lukisan maupun pahatan, serta bentuk arsitek gereja dan gedung konser yang begitu anggun, megah. Betapa semua siswa-siswi dan guru terkesima. Pun menjadi takjub terhadap keajaiban Tuhan sendiri, dan dapat berkata, “Sungguh indah, Kau, Tuhan…”

Biarlah segala yang bernapas memuji nama-Nya dan memuliakan Dia lewat segala talenta yang diberikannya bagi kita hanya demi kemuliaan-Nya.

Comments are closed.