IPEKA INTEGRATED Christian School » Sekilas tentang Indonesia dan Jakarta

Sekilas tentang Indonesia dan Jakarta

TENTANG INDONESIA

Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia dengan populasi penduduk terbanyak keempat di dunia. Indonesia terdiri dari lima pulau utama Consisting of five main islands (Sumatra, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, and Papua) dengan 33 provinsi, dan 30 kepulauan kecil dengan total 17.508 pulau dimana sekitar 6.000 diantaranya tidak berpenghuni. Keragaman hayati di atas dan di dalam lautnya merupakan salah satu yang terkaya di dunia.

Indonesia teletak di Asia Tenggara dan terentang seluas 5.150 km di garis katulistiwa, diantara dua benua yaitu Asia dan Australia dan dua Samudra yaitu Samudra Pasifik dan Hindia. Negara ini berbagi perbatasan dengan Malaysia, Timor Timur dan Papua Nugini. Adapun negara tetangganya adalah Singapura, Filipina, Brunei Darussalam dan Australia.

Ada hampir 600 bahasa daerah dan dialek di negara yang juga dikenal sebagai Jamrud Khatulistiwa ini. Bahasa-bahasa ini dipakai oleh sekitar 350 suku yang tersebar dari Sabang hingga Merauke. Bahasa Indonesia merupakan bahasa nasional sekaligus pemersatu.

Sebagai negara yang terletak di garis khatulistiwa, Indonesia memiliki dua musim yaitu kemarau dan hujan. Musim kemarau biasanya terjadi di sekitar bulan Juni-September, sementara bulan Oktober-Maret merupakan masa untuk musim hujan. Bulan di antara kedua musim ini merupakan masa peralihan yang seringkali ditandai dengan hujan yang deras.

Mayoritas penduduk Indonesia beragama Islam dan negara ini menjamin kebebasan beragama dari setiap warga negaranya. “Bhinneka Tunggal Ika” atau “Berbeda-beda tapi Tetap Satu” merupakan semboyan di Indonesia.

TENTANG JAKARTA

Ibukota negara Indonesia adalah Jakarta yang terletak di barat laut dari pulau Jawa. Kota ini dibagi menjadi 5 area yaitu Jakarta Utara, Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Jakarta Timur dan Jakarta Pusat.

Sebagai kota metropolitan dengan jumlah penduduk lebih dari 10 juta jiwa, Jakarta memiliki keragaman suku, bahasa, budaya, dan tradisi yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Bisa dikatakan bahwa Jakarta merupakan Indonesia mini.

Hidup di Jakarta merupakan pengalaman yang menyenangkan, karena kota ini sudah berkembang pesat dan berpotensi untuk menjadi tempat wisata terkemuka di Asia dalam dalam beberapa tahun ke depannya. Selain memiliki banyak tempat perbelanjaan kelas atas, wisata kuliner yang menarik, tempat rekreasi, perumahan, hotel, dan apartemen. kota ini juga dikenal sebagai pusat kebudayaan Indonesia. Para ekspat yang tinggal di Jakarta memiliki banyak kesempatan untuk mengikuti berbagai kegiatan, mulai dari festival jazz dan peragaan adibusana hingga pameran seni internasional maupun pameran dagang.

Ibukota ini merupakan pintu masuk utama ke wilayah lainnya di Indonesia, karena transportasi darat, udara dan laut dapat dengan mudah ditemukan di sini.